Thursday, November 30, 2017

Ciri Kerusakan Kapasitor Ac

Ciri Kerusakan Kapasitor Ac

Ciri Kerusakan Kapasitor Ac - Kapasitor ac merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai penggerak motor kompresor dan juga motor dinamo fan. Setidaknya ada dua macam kapasitor yang terdapat pada ac rumah.

Pertama adalah kapasitor kompresor. Letaknya di dalam mesin outdoor ac, memiliki ciri seperti tabung kecil yang terpasang dekat dengan rangkaian kelistrikan outdoor. Dan yang kedua adalah kapasitor motor fan yang terletak pada indoor dan outdoor, memiliki fungsi sebagai penggerak motor fan atau kipas untuk unit indoor dan outdoor.




Ukuran kapasitor motor sendiri relatif lebih kecil dari pada ukuran kapasitor kompresor. Memiliki bentuk kotak kecil berwarna hitam (umumnya), sebagian merk ac memiliki kapasitor motor fan yang jadi satu dengan kapasitor kompresor. Jadi kapasitor kompresor sudah berikut kapasitor motor fan (jadi satu), ini terpasang pada unit outdoor ac. Untuk merk yang biasanya menggabung kapasitor kompresor dengan kapasitor motor fan adalah ac  merk LG.

Apakah kapasitor yang rusak memiliki ciri fisik ? Secara teknis tidak harus seperti itu. Perubahan bentuk memang bisa terjadi pada kapasitor yang rusak seperti bentuk yang menggelembung atau keluar cairan dari dalam kapasitor. Dan sebagian yang lainnya tidak mengalami perubahan bentuk, hanya ditandai dengan menurunnya kekuatan kapasitor dalam menggerakan kompresor dan juga motor fan.

Sebagai contoh saja bahwa beberapa teknisi pernah memeriksa kapasitor yang rusak, dan ternyata body kapasitor tidak mengalami perubahan fisik seperti menggelembung, Hanya saja ketika diukur dengan menggunakan multy tester baru terlihat bahwa kapasitor tersebut telah rusak.

Adakah ciri lainnya yang menandakan kapasitor ac rusak ?

Jika dilihat dari pengalaman. Pengalaman saya dan beberapa teman teknisi. Bahwa ciri yang selalu ditemukan adalah perubahan bentuk dan kapasitor mengeluarkan cairan. Namun sebenarnya tetap diperlukan pengukuran menggunakan multy tester. Pengukuran ini diperlukan untuk mengetahui kondisi kapasitor apakah rusak atau tidak.

Cara mengukur kapasitor menggunakan multy tester sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengukurnya dengan ukuran skala ohm. Sambungkan kedua ujung kabel tester ke tempat socket kapasitor. Perhatikan apakah jarum pada tester naik dan langsung turun ?

Jika jarum naik dan langsung turun dengan cepat, maka itu menandakan bahwa kapasitor dalam keadaan baik atau masih normal. Namun jika jarum sama sekali tidak bergerak atau jarum bergerak naik namun tidak turun lagi, maka itu menandakan bahwa kapasitor dalam keadaan rusak.

Dari penjelasan sejauh ini apakah anda masih bingung ?

Jadi bisa disimpulkan bahwa kapasitor yang rusak bisa mengalami perubahan bentuk. Entah itu menggelembung, pecah dan mengeluarkan cairan (cairan biasanya tidak terlalu encer, tapi agak kental dan lengket, berwarna putih atau kekuning-kuningan)

Demikian tadi ciri kerusakan kapasitor ac yang bisa saya jelaskan. Semoga tulisan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

10 comments:

  1. Artikelnya sangat membantu sekali..

    Maaf numpang promo, gak bermaksud buat spam..!!
    Untuk yang mempunyai masalah dengan AC di rumah maupun dikantor
    Silahkan klik link di bawah ini...
    service ac ciputat

    ReplyDelete
  2. Apabila kapasitor fan sdh rusak lalu di ganti kemudian rusak lagi di sekian bulan lalu di ganti baru lagi apakah dalam hal ini akan merusak motor fan nya sendiri?

    ReplyDelete
  3. maaf numpang tanya bos..
    ac saya sudah lama tidak pernah di nyalain . pas di hidupin cuma angin doang . di cek out doornya ternyata compresornya cuma getar dengung doang trus mati begitu terus.. kira2 apanya ya bos .
    mksh infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maav bantu jawab saya juga masih blajar dari nol...
      Kalo compresornya panas itu kemungkinan overhits kelebihan freeon....
      Kalo tidak bisa saja kekurangan freon

      Delete
  4. Maaf ya saya mau tanya Ac yg di rmh saya klau di hidupin compresornya bgs/ jln normal cmn tdk ada dingin" sama sekali dan sdh isi freon tp blm jg. Gmn ya solusinya biar dingin lg. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum.. Sy mau tnya.. Ac drumah sy stlh di servis.. ac nya kurang dingin.. Hawa dingin a tidak mnyuluruh dalam ruangan.. Stlah dicek freon ny msh ada..sdh di vakum.. Isi freon lagi masih sama dingin nya gk mnyeluruh.itu knpa ya min.. ?tks

      Delete
  5. Dear all,,
    mau tanya,, AC saya ada kendala pas di nyalain, sekitar10 detik kompresor nya mati, trus ga lama hidup lagi, ga lama lagi mati lagi. hidup mati hidup mati terus ?. mohon pencerahan nya.

    ReplyDelete
  6. Tanda lainnya kapasitor minta ganti: tekanan freon cukup bahkan lebih tapi arus kompresor kurang. Atau freon diisi terus sampai arus kompresor mencapai nominalnya, tapi AC tetep kurang dingin dan bunyi kompresor abnormal.

    ReplyDelete
  7. Maaf gan permisi mau bertanya.knp mau tukang servis ac yg jujur kok susah ya...😔😔😔
    Rata2 & kebanyakan ga ada yg jujur,mohon info ya klau ada tukang ac yg bagus,jujur dan amanah.bs wa sy 081399293450.untuk daerah bekasi.trims 🙏

    ReplyDelete
  8. Maaf gan permisi mau bertanya.knp klau mau cari tukang servis ac yg jujur kok susah ya...😔😔😔
    Rata2 & kebanyakan ga ada yg jujur,mohon info ya klau ada tukang ac yg bagus,jujur dan amanah.bs wa sy 081399293450.untuk daerah bekasi.trims 🙏

    ReplyDelete

Powered by Blogger.