Thursday, December 7, 2017

Cara Mengisi Freon Ac Dengan Benar


Hallo sob. Jika kamu sedang membaca tulisan ini, pasti lagi bingung ya ?

Mau ngisi freon ac tapi ngak tau caranya?
Masih bingung bagaimana cara yang benar mengisi freon pada ac ?

Ngak usah bingung. Simak nih tulisan saya berikut ini.

Pada bahasan kali ini saya akan menulis mengenai cara mengisi freon ac dengan benar. Mulai dari cara memasang manifold, mengisi freon dan menentukan ukuran tekanan freon ketika melakukan proses pengisian.


Sebelum masuk kepembahasan lebih lanjut. Sebaiknya saya jelaskan mengenai freon terlebih dahulu. Setidaknya ada 3 jenis freon yang populer untuk digunakan sebagai gas pendingin pada ac. R22, R32 dan R410. Ketiga gas pendingin ini memiliki tingkat kepadatan gas yang berbeda-beda.

Bukan hanya itu saja. Untuk cara prosedur pengisiannya pun berdeda satu dengan yang lainnya. Bukan cara mengisi, tapi bagaiamana ketentuan dan hal-hal yang menyangkut pada proses pengisian.

Penjelasan gampangnya seperti ini.

Ac dengan freon R22 lebih mudah dalam proses pengisiannya, karena R22 merupakan jenis freon yang tidak sensitif terhadap kotoran dan air. (tapi kalau bisa tetap jangan sampai ada kotoran dan air yang masuk ya ketika mengisi freon jenis R22)

Sementara untuk jenis R32 dan R410 sifatnya sangat sensitif terhadap debu dan air, walaupun yang masuk hanya sedikit, tetapi akan berpengaruh pada proses kerja ac.Untuk ukuran pipa yang digunakannya pun berbeda.  Freon R32 dan R410 diharuskan menggunakan pipa yang lebih tebal dari pipa yang di pakai R22. Jika pada R22 bisa menggunakan ukuran ketebalan pipa 0,5mm, maka R32 dan R410 tidak bisa, Karena kedua jenis freon ini harus menggunakan pipa yang lebih tebal yakni 0,6mm atau paling tidak 0,55mm.

Bukan hanya itu, freon R32 dan R410 juga harus divacum sebelum proses pengisian, ini agar tidak ada lagi  kotoran dan air di dalam pipa. Proses pemvacuman ini juga dilakukan agar tidak ada udara lagi didalam instalasi pipa, dengan kata lain harus kedap udara.

Lanjut ke cara pengisian freon ac.  Saya anggap kamu sudah memiliki semua peralatan seperti obeng, tang, manifold, kunci inggris, kunci L dan tespen. Jadi ngak usah dibahas lagi  mengenai peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam mengisi freon ac.

Berikut ini cara mengisi freon pada ac :

1. Pasang manifold ke pentil kompresor atau outdoor

Langkah pertama adalah membuka penutup pentil dan memasang selang manifold ke kompresor. Caranya cukup mudah, yakni dengan memasang satu selang manifold ke kompresor dan memasang selang kedua ke tabung freon.

Untuk jenis R32 dan R410 sebaiknya kamu menyiapkan juga sambungan ujung manifold yang sesuai dengan ukuran pentil pada ac jenis freon R32 dan R410. Karena untuk ukuran ujung selangnya nanti akan lebih besar dari freon R22.

Pemasangan selang yang menuju ke kompresor harus sesuai, yang artinya selang yang terhubung untuk ke pengisian pada manifold haruslah benar. Karena kalau salah selang maka jarum pada manifold tidak akan bergerak.

Sederhannya begini.

Selang yang benar adalah selang yang jika di pasang ke kompresor pas pada saat pengisian atau kompresor hidup maka jarumnya akan naik. Namun jika pas pengisian freon jarum di manifold tidak bergerak, itu menandakan bahwa kamu telah salah memasang selang.

Bolak balik saja selangnya. Atau bisa melakukan tes dengan cara menyambungkan selang dulu ke tabung freon lalu putar katup manifold pada posisi mengisi. Jika jarum bergerak maka berarti selang tersebut merupakan selang yang seharusnya kamu pasang ke kompresor atau pentil outdoor. sebaliknya, jika jarum tidak bergerak berarti itu adalah selang yang nantinya kamu pasang ke tabung freon.

Lihat ganbar di bawah :

Cara Mengisi Freon Ac Dengan Benar
Sumber gambar : Nusantara Ac

Catatan : ketika selang manifold sudah terpasang, maka buka putaran di tabung gas freon (posisi katup membuka)

2. Lakukan pengisian freon secara perlahan

Jangan tergesa-gesa dalam mengisi freon. Lakukan pengisian secara perlahan. Buka katup manifold dan perhatikan jarum manifold akan naik. Jangan terlalu cepat mengisi, jangan membuka bukaan manifold secara penuh, cukup buka sedikit, tahan lalu tutup kembali. 

Lakukan pengisisan ini dengan hati-hati, santai saja tidak perlu terburu-buru. Ketika pengisian sudah ada di angka 30 - 40 psi maka pipa ac akan mengeluarkan es, namun tidak perlu panik karena ini merupakan hal yang normal. Isi saja terus sampai bunga es hilang, nanti juga ketika jarum sudah diatas 40 Psi, es yang ada pada pipa akan hilangdengan sendirinya.

3. Tekanan freon disesuaikan dengan PK ac dan ampere kompresor

Sebelum memutuskan tekanan freon yang akan di isi, sebaiknya kamu mengetahui dulu ukuran PK dari ac tersebut. Bisa juga dengan menggunakan tang ampere, ini supaya kamu mengetahui batas ampere maksimal dari ac tersebut sehingga bisa menyesuaikan dengan tekanan freon.

Jika ac memiliki ukuran 0, 5 pk maka sebaiknya kamu isi dengan tekanan freon maksimal 60-70 psi. Jika 3/4 dan 1 pk maksimalnya adalah 80-90 psi. Namun sekali lagi, sebaiknya kamu juga membuat patokan ini berdasarkan ampere dari kompresor. Karena jika ampere melebihi batas yang ada maka kompresor bisa saja overload atau memutus.

Baca juga : mengatasi kompresor ac yang panas

Untuk tekanan freon r 32 dan r410 berkisar diantara 120 psi sampai dengan 160 psi. Sekali lagi, gunakan tang ampere agar kamu tidak kelebihan dalam mengisi freon.

Contoh saja, jika ac memiliki ampere 2,9, maka ketika mengisi freon jangan sampai lebih dari 2,9 ampere. Karena jika dipaksakan maka kompresor akan mati. Untuk penggunaan tang ampere bisa lihat di bawah ini.

Pasang tang ampere sebelum mengisi freon
Pasang tang ampere pada satu kabel yang terhubung ke outdoor
Jika pengisian telah selesai maka pastikan kamu memeriksa indoor ac. rasakan angin indoor apakah dinginnya sudah cukup. Setelah semua proses pengisian freon telah selesai maka copot selang ac dari outdoor dan kencangkan tutup pentil.

Sebagai tambahan saja, bahwa untuk ac dengan jenis freon R32 dan R410 sbaiknya di vacum dul. Ini agar tdiak ada lagi kotoran dan sisa air yang tertinggal di dalam pipa. Sementara untuk R22, proses vacum dapat di lakukan dengan vacum body tanpa menggunakan alat atau mesin vacum.

Baca juga : ac dengan freon R32, apakah wajib di vacum
Semoga artikel diatas dapat membantu dan jika ada yang ingin kamu tanyakan maka silahkan bertanya lewat kolom komentar.

79 comments:

  1. trims mas bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangbini AC rumah syah...R32 tekanan gas 150psi tapi amperenya hanya 1.20 itu knpa ya?
      Kan tekanan psi nya sudah standar tapi amperenya cuman segitu..ampere d outdoor tertulis 2.1

      Delete
    2. Menurut saya itu karena kapasitor kompresor sudah mulai lemah

      Delete
  2. Terima kasih, ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. apa bila ac r410a refrigent sudah terlanjur terkontaminasi udara, apakah hanya berdampak pada refrigent nya saja atau juga bisa berdapak pada oli kompresor nya? apakah oli kompresor juga wajib di ganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu udah pasti. Seperti ada jeda atau celah kosong ketika refrigerant bersirkulasi...itu sebabnya sangat disarankan divakum dulu.

      Delete
  4. Trims ya atas ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Apa bila dalam pesian sudah terjadi overload, apakah dengan membuang / mengurangi freon , apakah akan kembali normal compresornya

    ReplyDelete
  6. Apakah teknisi tahu AC yg mau di isi itu mengunakan freon 22 ato 32. Jika seandainya tercampur bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum itu cek terlebih dahulu pada body AC apakah r22 r32 dan r410

      Delete
    2. Teknisi ac pasti tau mau diisi freon r22/r32/r410 krn di label plate outdoor tertulis refrigrant yg digunakan itu r22/r32/r410

      Delete
    3. Apakah bisa freon R 32 di campur dengan R 410?

      Delete
    4. Tidak bisa, perbedaan keduanya sangat jelas dan pasti mempengaruhi kerja kompressor yg udah di design untuk masing2 tipe freon.

      Delete
  7. Untuk pengisian nya sendiri tabung freon sebaik nya di balik atau tidak?

    ReplyDelete
  8. bila outdoor habis d vacum apakah saat pengisian freon ac harus hidup atau mati

    ReplyDelete
  9. Kl AC sharp 1 pk inverter kl isi freon R 32 nya harus berapa pak,Dan Amp nya hrs sampai berapa baru dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di table plate outdoor disitu sudah tertera standart isi freon ny brp amp ny brp

      Delete
  10. Terimakasih Mas bro informasinya, tapi itu penjelasan cara pasang manifoldnya terlampau berbelit belit. Kenapa tidak dikatakan saja pakai meter manifold yang warna biru dan selang yang warna biru juga. Itu photonya malah bisa membingungkan yang awam, pakai selang warna merah pada meter biru. Sebutkan saja pakai meter yang biru yang skalanya lebih rendah dari yang merah. Karena pada ac out door cuma ada satu pentil low pressure dan jelaskan kran yang kunci " L" dibuka dua duanya pada out doornya agar freon bersirkulasi. Saya pernah mengerjakan ac rumah sekali malah saya vacum pakai alat karena ga tau. Biasa saya mengerjakan ac mobil. Sekali lagi terimakasih bro informasinya.

    ReplyDelete
  11. Mo tanya suhu..klo AC 0.5 PK inverter daya 360W arus 2A ada tulisan lg daya/arus maksimal 860W/3.9A..buat patokan ngisi freon untuk tang ampere yg mana ya??mohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patokannya 360 Watt arus 2 ampere. Standar internasional 1 PK = 746 Watt. Terkadang nominalnya bisa lebih kecil atau lebih besar tergantung merk dan teknologi kompresornya.
      860 Watt 3.9 ampere itu batas maksimal kerja kompresor, ini biasanya buat patokan pemakaian overload.

      Delete
    2. Apa boleh kalau ngisi freon diatas 2 ampere dikit ? Anggaplah 2,5 ampere, karena batas max nya kan masih 3,9ampere, apakah lebih dingin hasilnya ? Tapi tdk overloadz boleh nggak ?

      Delete
    3. Klo menurut saya ngisi freon itu patokanya ampere..isi sampe arus medekati atau sama dgn maksimal tp jgn sampe lebih krn nanti overload akan kerja..

      Delete
    4. Sama dengan jawaban komentar dibawah. Klu semua mesin ac berfungsi normal, dengan kapasitas 3,5 amper udah dingin. Dan kerja kompressor tidak berat. Yang penting sesuaikan dengan ukuran ruangan, dan pastikan ventilasi tertutup.

      Delete
    5. saya baru pasang sharp 1 pk dengan pipa 14 m, setelah dinyalakan tekanan di 145 psi. Ampere tidak diukur. Suhu dingin sih dalam ruangan. tapi gak tau sudah pas apa belum

      Delete
  12. Bagaimana dengan ac 1/4pk
    Brp tekanannya???

    ReplyDelete
  13. Saya mau beli freon r22 ukuran kaleng 1 kg. Kira2 bisa buat ngisi AC 1 pk berapa unit ya? Atau gampangnya rata2 AC 1 pk R22 butuh freon berapa gram untuk bisa mencapai tekanan kerja? Terimakasih jawabanbya

    ReplyDelete
  14. saya punya ac LG 1/2 pk untuk ruangan 3x3
    bru saya d pindahkan out doorny panjanh selang 1m sahri dri pmasangan pipa membeku 5menit teknisi bikang freon kurang pas d cek kisaran 50-55 apa kah wajib d isi ?? brpa isi yg d perlukan untuk jenis ac d atas ..... jenis preon r22 thanks mohon d jwb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab...
      Normalnya 0,5 pk 60 sampai 70 psi tekanan freonnya. Klu dibawah itu ac kurang dingin. Klu kompressor msh bagus, dgn tekanan 60 psi udah dingin...dan kerja kompressor tidak berat yg otomatis akan memperpanjang umur unit ac.

      Delete
  15. Masih hidup apa enggak nih blogspot, orang nanya banyak yg ga dijawab, copas yak?

    ReplyDelete
  16. Lagi repot yg lain ....he he he

    ReplyDelete
  17. Jadi sebaiknya kalo AC ¾ PK berfreon R32; 2,5 Ampere idealnya ditekankan berapa ya 'Min...

    ReplyDelete
  18. Klo ac dg freon r32 lalu saya ganti dg r22,apakah pengaruhnya(krn ditempat saya agak sulit mendapatkan r32,trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ganti dr r32 ke r22 padahal bawaan pabrik adalh r32 akan mengakibatkna ac cepat rusak

      Delete
  19. Ac sy ga dingin klu panggil teknisi apa yg harus kita pantau .... Harus brp gram untuk 1/2 pk r32 dan ampere nya ..maaf sy kurang paham tpi takut ketemu teknisi yg ga amanah

    ReplyDelete
  20. Kalo gramnya ga bisa dipastikan gan,patokannya tekanan psi dan amperenya sudah sesuai standar kompresornya,bisa dilihat di body nya brpa max brp amper,,kalo r32 psi nya sekitar 130-170 kalo gak salah

    ReplyDelete
  21. AC saya kalau diatas suhu 25 nya cepet bgt matinya gak ada semenit nyalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..karna suhu ruangan sdh tercapai..coba stel suhu 18/19

      Delete
  22. Di saat pengisian freon r32 apakah tabung harus di balik dahulu atau tidak perlu di balik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normalnya tidak perlu dibalik. Karna freon dalam tabung mempunyai tekanan gas dan pipa hisap pada kompressor pun akan membantu prosesnya pada saat pengisian.

      Delete
  23. nanya min.. ac dirmh kok kurang dingin yah.. ac 1pk panasonic, uk ruang 3x4m.. dicek pake tang ampere 2.5A(di tag 3.1A), dicek di manifold freon 60psi r22.. ditambah freon tp kgk mau masuk.. ini knapa yah min.. thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi pertama, Sebelum nya periksa dulu baut L pada pipa hisap dan buang pada kompresor berada dalam keadaan terbuka penuh. Caranya putar baut L ke kiri sampai mentok. Klu sudah terbuka habis pengisian freon sebaiknya kompresor dalam keadaan hidup. Cek tang amper. Klu naik sampai 4,2A. Berarti freon sudah masuk. Tutup kran freon. Klu tidak naik juga, sebaiknya kompressor di flushing ulang.
      Solusi kedua, kompresor sudah lemah. Ganti baru

      Delete
    2. oh iyah min.. kran valve 2way dan 3way harus dlm posisi tertutup sesudah pengisian atau biarin terbuka.. kalo tertutup aliran freon nggak jalan kan min..thx

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Sama sama.
      Tutup aja kran yg di manifold.

      Delete
  24. Saya punya AC terus dibongkar untuk dipindahkan,setelah dipindahkan AC tidak dingin sehari setelah pemasangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu sebelumnya dingin, tapi sesudah dipindahkan tidak dingin berarti ada kebocoran.

      Delete
  25. Mohon jawabannya,kata teknisi tidak ada kebocoran tpi freon tiba" habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek dengan tang amper, berapa nilai amper pada kompressor dalam keadaan hidup. Sesuaikan nilainya dengan yg tertera pada kompressor.

      Delete
    2. Arus kerja maksimal 4,5 AC 1 PK freon r410,tpi dicek hanya 2,6

      Delete
    3. Ada 2 kemungkinan,
      Pertama waktu melepaskan kompressor dengan indoor..mekanik lupa tidak memindahkan freon indoor ke outdoor terlebih dulu. Jadi ketika melepas pipa kapiler..otomatis freon yg masih ada didalam indoor terbuang dan ketika dipasang kembali dan dihidupkan, tegangan amper jadi turun.
      Kedua, klu memang ada kebocoran/sambungan tidak rapat maka ketika dihidupkan full seharian, freon pasti akan habis dan tegangan amper turun jauh. Coba dipastikan lg....tanda freon bocor pipa kapiler seperti berminyak.
      Semoga membantu.....

      Delete
  26. Saat pengisian freon ampere dan tekanan freon sudah maksimal sesuai dengan spesifikasi,namun sesudah pengisian tekanan freon turun di manifold dan ampere pun turun indoor posisi menyala,apakah ada kebocoran?

    ReplyDelete
  27. Saat pengisian freon ampere dan tekanan freon sudah maksimal sesuai dengan spesifikasi,namun sesudah pengisian tekanan freon turun di manifold dan ampere pun turun indoor posisi menyala,apakah ada kebocoran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang ada kebocoran. Periksa sambungan pipa antara indoor dan outdoor, pipa kapiler, lubang pentil pengisian, pipa kapiler yang dibengkokkan. Biasanya klu ada pipa yg retak/patah atau sambungan tidak rapat atau baut neple yg tidak terkunci rapat pasti akan kelihatan adanya cairan berminyak, semburan gas kecil/halus, atau suara mendesis. Bisa juga dibasahi dengan air sabun cuci piring untuk melihat ada tidaknya gelembung udara yang membesar dan pecah dari bagian yang bocor. Semua bisa dilakukan dalam keadaan outdoor dimatikan dan tekanan freon didalamnya masih banyak sesuai kapasitasnya. Baca cara memeriksanya dengan teliti, dan ulangi lagi.
      Secara umum, kebocoran freon waktu pindah posisi ac ada pada bagian dari pipa kapiler itu sendiri. Kecuali klu pentil pengisian sudah rusak. dan itupun sangat jarang terjadi.
      Semoga berhasil.

      Delete
  28. Assalamualaikum...
    Saya tidak kenal dengan adminnya. Dan saya diforum ini hanya membantu mereka yang bertanya seputar permasalahan ac sesuai dengan judul blog. Pertanyaan2 tersebut insyaallah akan saya bantu jawab sesuai dengan kemampuan dan waktu saya. Memang ada beberapa teknisi ac mengirim email pribadi ke saya, untuk tidak menjawab pertanyaan2 dari para pemilik ac yang bermasalah, karna bisa mengurangi pemasukan.
    Tapi bg saya semua itu tidak pernah jadi masalah.
    Wassalam.....senang bisa berbagi..

    ReplyDelete
  29. Terimakasih mas atas jawabannya ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  30. Penjelasanya simple padat tapi sangat jelas, trims ilmunya bang

    ReplyDelete
  31. Selamat pagi pak sy mau tanya brapa lama pemakaian ac yg terjamin oleh freon

    ReplyDelete
  32. Maksudnya setelah kita isi freon,pemakaian secara normal bisa berapa lama gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu tidak ada kebocoran, usia freon tidak ada limitnya. Dan jumlah freon pun tidak berkurang.

      Delete
  33. Suhu bagaimana jika di unit tertera 2.3.A. tekanan di manifold 80 psi r 22. Tp di tang amper cuma 1.0.A. . Harusnya saya ambil patokan tekanan kerja freon atau Amper pada unit. Karna jika saya patokan amper di unit tekanan freon malah melebihi batas.. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  34. Pastikan dulu bahwa ac anda memang menggunakan freon r22.
    2,5 amper r22 idealnya 70 psi. Klu pengisian sudah 80 psi di manifold tapi tang amper masih nilai 1, coba ganti dengan tang amper lain. Biasanya yg gampang error adalah tang amper. Karna saya pernah mengalami kasus seperti ini, tang amper error. Tapi klu tetap 1 amper juga nilainya, segera panggil teknisi yg benar2 berpengalaman untuk memeriksakan jenis kerusakan yg ada pada outdoor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pencerahanya. Sukses selalu...amin

      Delete
    2. Aamiin..., Terimakasih kembali....

      Delete
  35. Bang di unit tertera 2.1 ampere
    Tapi di cek amoere hanya 1.20 tekanan 150psi (R32) Itu kenapa ya..?
    Soalnya ac saya terkadang outdoor suka mati kipas tidak berputar padahal sya stell suhu 20c harusnya kan ga mati masih trus berfungsi...setelah d matikan d nyalakan lagi outdoor baru beedungsi kembali
    ..terimakasih

    ReplyDelete
  36. Kalau isi freon r32 tanpa tang ampere, harus berapa tekanan psi nya ya gan ? Maaf baru mau isi sendiri

    ReplyDelete
  37. Klw 1pk 3.36A standart freonnya berapa gaes

    ReplyDelete
  38. Kalau ac tipe R32 uk 1/5pk maksimalnya freonnya brpa ya?

    ReplyDelete
  39. mohon ijin bertanya..... saat penambahan freon, posisi unit dimatikan dulu atau dalam keadaan running

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.