Friday, December 22, 2017

Cara Vacum Ac Dengan Atau Tanpa Mesin Vacum

Cara Vacum Ac Dengan Atau Tanpa Mesin Vacum



Vacum merupakan cara mengosongkan udara di dalam instalasi ac, pada pipa dan juga kompresor.  Proses ini diperlukan untuk menjaga sistem kerja pendingin. Vacum bukan hanya dapat mengosongkan udara namun juga dapat membersihkan sisa kotoran dan air di dalam pipa atau isntalasi ac.

Pentingkah proses vacum sebelum kita memasang ac atau mengisi freon ? 

Penting atau tidaknya tergantung cara pandang kamu sebagai teknisi ac. Jika kamu memposisikan diri sebagai teknisi profesional, maka melakukan vacum merupakan hal yang wajib, paling tidak sesuai standar. Namun jika kamu merupakan teknisi yang "malas" maka proses vacum sebelum memasang ac bisa kamu abaikan. Perlu dicatat bahwa hanya teknisi yang malas saja yang tidak melakukan vacum (kebanyakan) Setelah alasan malas, maka alasan berikutnya adalah sebaian teknisi tidak memiliki mesin vacum.

Sebenarnya jika kamu belum atau tidak memiliki mesin vacum, maka ada cara lain yang bisa kamu gunakan, seperti vacum body atau vacum manual. Vacum jenis ini sangat mudah dilakukan dan pasti semua teknisi bisa melakukannya.

Berikut ini proses pem-vacuman kompresor ac tanpa alat vacum

Peralatan yang digunakan sebagai berikut : Kunci inggris dan Kunci L

Pertama-tama kamu harus memastikan outdoor ac sudah terpasang ( Ini untuk pengerjaan pemasangan ac ). Jangan pasang pipa neuple ke katup ( katup adalah tempat membuka tutup saluran freon di outdoor). Pada kondisi pipa belum terpasang dan katup masih terbuka, maka hidupkan ac.

Setelah itu tutup katup pipa hisap yang berukuran besar ,biarkan katup pipa dorong (pipa kecil) terbuka hingga mengeluarkan angin, biarkan sampai angin benar-benar habis. Setelah itu tutup katup pendorong sampai rapat dan matikan ac. Setelah itu pasang neuple kedua pipa ac, pipa 1/4 dan 3/4, pastikan pemasangan neuple rapat agar tidak terjadi kebocoran.

Cara vacum pipa tanpa alat acum

Setelah tadi kita memvacum kompresor ac, maka selanjutnya kita akan memacum pipa ac. Caranya sedikit berbeda dengani proses pemvacuman pada kompresor.

Hubungkan manifold ke tabung freon dan pasang di valve pengisian freon posisi valve pipa 3/8 kita tutup pakai jari agar freon bisa masuk ke compresor sampai keluar ke valve pipa 1/4 untuk buang angin yang ada di compresor durasi antara 30 detik sampai 1 menit sampai yang keluar gas freon, lalu kita tutup valve pakai kunci L kita isi freon secukupnya setelah selesai pengisian freon valve besar di tutup pakai kunci L.

Baca juga :  cara mengisi freon ac dengan benar

yang kedua yang harus di lakukan vacum ac tanpa mesin vacum hampir sama seperti yang pertama akan tetapi valve kedua nya masih tertutup rapat dan di kunci serta manifol masih terpasang , kita pasang terlebih dulu pipa yang besar, harus terpasang dengan tepat agar di neuple tidak ada kebocoran, setelah terpasang maka kita isi freon agar udara di pipa indor keluar sampai pipa kecil biakan beberapa saat sampai gas freon yang keluar , sambil kita pasang pipa ke nevel biarkan gas freon terbuang , setelah terpasang dengan tepat dan tidak ada kebocoran, lalu kita buka semua valve
yang tertutup buka denga kunci L , isi freon sampai ukuran antara 60 - 80 psi

Berikut tadi cara vacum ac tanpa menggunakan alat vacum, dan sekarang saatnya untuk cara vacum ac menggunakan alat vacum.

Cara vacum ac dengan alat vacum

Cara vacum ini dilakukan ketika neuple ac sudah terpasang semua, namun posisi katup masih dalam keadaan tertutup. Pertama siapkan manifold, mesin vacum dan kunci L. Pasang selang manifold (selang yang biasa digunakan untuk mengisis freon yang trpasang ke pentil) ke pentil outdoor. Selang satu lagi pasang ke mesin vacum.

Setelah kedua selang terpasang, maka buka katup manifold kamu dan hidupkan mesin vacum. Proses pemvacuman sudah dimulai dan biarkan kira-kira 30 menit. Makin lama proses pemvacuman, maka makin baik juga hasil yang didapat.

Jika proses pemacuman telah selesai maka matikan ac dan tutup katup manifold. Biarkan beberapa saja sambil kamu perhatikan apakah jarum pada manifold stabil, tidak bergerak naik. Karena jika jarum naik, maka kemungkina ada kebocoran pada instalasi neuple maupun unit ac.

Jika jarum tidak bergerak maka berarti tidak ada kebocoran, dan selanjutnya kamu biasa membuka kedua katup outdoor dan ac siap di hidupkan. Cek juga tekanan freon, jika dirasa kurang maka sebaiknya di tambahkan.

Sampai disini apakah kamu masih bingung ? Jika iya maka perhatikan gambar di bawah ini


Berikut tadi cara vacum ac dengan atau tanpa alat vacum, semoga bermanfaat.

8 comments:

  1. kalo ac baru tanpa vacum, cukup ac dihidupkan lalu pipa kecil di buka,pentil di pipa besar dipencet sampai angin dan freon keluar kemudian baru buka pipa besar ..bisa tidak cara ini bro.

    ReplyDelete
  2. Cara cepat memvacum ac yg sudah terpasang gmana bos,karena mo di tambah freon R410a ,

    ReplyDelete
  3. Bro, bs pakai vacuum cleaner? Klo iya, bgmn langkah2nya?

    ReplyDelete
  4. Trimakasih bro, ilmu yg bermanfaat smg akn berbuah pahala hingga akhir masa.

    ReplyDelete
  5. Ninggal jejak saya om di 0813-5455-6388, butuh teknisi yg familiar, info ya om

    ReplyDelete

Powered by Blogger.