Monday, December 25, 2017

Ciri - Ciri Kompresor Ac Lemah

Ciri - Ciri Kompresor Ac Lemah

Ciri - Ciri Kompresor Ac Lemah - Kompresor merupakan sebuah komponen penting yang terdapat pada ac dan pendingin lainnya. Seperti halnya komponen lainnya kompresor juga terkadang dapat rusak atau hanya sekedar lemah. Maksudnya lemah adalah penurunan daya kerja yang menyebabkan kompresor tidak mampu memberikan hasil yang maksimal dalam proses pendinginan.

Dan berikut ini ciri-ciri kompresor ac lemah yang biasa di temui.

1. Tidak mampu mendinginkan ruangan secara maksimal

Jika suhu ruangan mulai terasa kurang dingin, selain karena kotor atau juga kurangnya freon, bisa saja hal ini disebabkan oleh kompresor yang sudah mulai lemah. Tekanan atau dorongan yang dihasilkan tidak kuat sehingga membuat hasil dingin menjadi berkurang, ini bisa dilihat dengan cara menyentuh bagian evaporator, biasanya evaporator dinginnya tidak merata.
Jika tekanan freon cukup namun ampere kompresor berlebih, ditandai dengan kurang dinginnya ac, maka bisa saja hal ini disebabkan oleh press kompresor yang sudah mulai lemah. Untuk menangani ini sebaiknya anda melakukan kuras freon. Gas freon di buang sampai habis untuk kemudian di vacum ulang dan di isi freon kembali.

Namun jika langkah tadi belum juga bisa mengatasi lemahnya kompresor, maka anda juga bisa mengganti oli kompresor dengan cara menguras oli lama dan mengisinya kembali dengan oli yang baru. Atau bisa juga menambahkan ukuran kapasitor kompresor. Jika sebelumnya menggunakan kapasitor dengan ukuran 20 uf, maka ganti dengan kapasitor yang memiliki ukuran lebih besar, 25 uf misalnya.

Baca juga : Ciri Kerusakan Kapasitor Ac

Cara-cara tadi biasanya dapat membantu kerja kompresor agar lebih kuat lagi. Namun jika tetap tidak bisa, kemungkinan kompresor ac memang sudah lemah atau akan rusak. Jika sudah begini maka mengganti kompresor dengan yang baru merupakan langkah paling tepat.

2. Berisik

Kompresor lemah juga bisa dilihat dari suara yang dihasilkan, jika berisik kemungkinan kompresor ac anda sudah lemah. Ini disebabkan oleh piston yang aus atau kurang oli. Untuk mengatasi permasalahan ini biasanya teknisi ac mencoba untuk menambahkan atau mengisi baru oli kompresor. Sementara untuk piston maka sebaiknya tidak perlu di perbaiki, sebaiknya ganti saja kompresor dengan yang baru, mengingat mengganti piston atau daleman kompresor membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

3. Kompresor cepat panas

Ciri - ciri lainnya yang menandakan kompresor ac lemah adalah kompresor cepat panas, baru hidup sebentar namun sudah sangat panas. Sama seperti pada keluhan kompresor berisik, kompresor yang cepat panas juga bisa di sebabkan oleh kurangnya oli di dalam kompresor. Jika anda menemukan keluhan seperti ini pada ac anda, kompresor cepat panas, kemungkinan kompresor ac yang anda miliki sudah mulai lemah.

Baca juga : Mengatasi kompresor ac yang Panas

Demikian tadi beberapa ciri yang bisa dilihat jika kompresor ac sudah mulai lemah, semoga dapat bermanfaat.

20 comments:

  1. Terkadang kompresor memang rawan rusak apabila tidak pernah kita servis, soalnya saya pernah merasakannya. Hingga akhirnya saya harus beli yang baru, dan alhamdulillah kompresor yang saya gunakan masih awet sampai sekarang ini, dan kebetulan saya menggunakan kompresor ac danfoss, kualitas dan sistem kerjanya memang sangat baik. Cocok untuk digunakan pada mesin pendingin kulkas.

    ReplyDelete
  2. Saya menggunakan mesin pendingin upright chiller gan, tetapi pada saat 20 menit mesin pendingin saya selalu mengalami mati mendadak dan sekitar 10 menin ia kembali menyala kembali. Apakah itu masih termasuk ciri - ciri kompresor ac lemah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya overload kompressornya bro .. coba dicek terlebih dahulu penyebabnya ..
      Apakah fan kondensor bekerja ?
      Apakah suhu ruangan disekitar panas ?

      Delete
  3. Gan bagaimana cara membuang freon yang tercampur oli compressor

    ReplyDelete
  4. Oli kompresor ac. Bisa dikasih oli motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oli kompresor sangat Tidak Bisa di ganti oli motor. Oli untuk R32 ,410A ,22 juga berbeda beda. Ada yg bilang r32 sama 410a gapapa. Tetap tidak di perbolehkan. Apalagi oli motor ....

      Delete
  5. buang freon campur oli ya dibuang smua freonya, trus di flushing, vakum, isi ulang freonnya

    ReplyDelete
  6. oli kompresor ac ga bs diganti sama oli motor krn titik beku dan titik didih nya berbeda

    ReplyDelete
  7. Klo MCB khusus ac (McB hanya untuk AC) sering jepret kira2 knp ya? sehari bisa jepret 5x...apakah berbahayaa??

    ReplyDelete
  8. Terima kasih infonya. kebetulan ac dirumah sedang mengalami masalah serupa.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Gan Mau Tanya AC Split Duct 15 PM R22 merek McQuey dia amper dan Tekanan Ga mau Naik klo di Isi Freon R22..dan Tekanan Higt pressure nya Bergetar kencang..dan Low pressure nya Di 50 psi..dan Di driers filternua Ga panas serta pipa Tekanan Hp nya tidak panas.tapi di pipa Lp nya Berair dingin..

    Amper tertera 30 Amper.tapi di cek Pakai Tang amper 22 amper mentok ga bisa Naik walau di isi freon R22 dan Psi 50.

    Apa kompressor lemah atau tercampur udara dan air di instalasi pipa nya atau Karena Oli kurang..Dan filter sudah di ganti baru Ek 305 sesuai Spek ac McQuey 15 pk R22 atau 150.000 btuh.dan di pipa nya ga begitu panas serta body filter nya juga ga panas..

    ReplyDelete
  12. Oke banget informasinya. Sangat l3ngkap

    ReplyDelete
  13. Dinamo ac outdoor saya baru diganti baru karena kata tukang acnya terbkar dan baru berjalan sebulan tiba-tiba saat 1 jam mesin ac mati dan tidak mendinginkan ruangan.apakah itu penyebab dinamo rusak lagi atau bagaimana ya pak ? Mohon penjelasannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ac nya terbakar maksudnya? Outdoornya yg di luar tidak ada yg terbakar..paling overheat panas berlebihan dan overload protect..alias mati.walau indoor di dalm ruangan nyalah tetap hanya udara kipas saja yg hembus tanpa rasa dingin..klo di ganti baru outdoor nya yg di luar harus sesuai kan kapasitas PK ac tersebut dengan indoornya..

      Delete
  14. Knp pipa kecil di out door g dingin...jdinya ac g dingin

    ReplyDelete
  15. Oke terimkasih atas informasinya, kalau berkenan silahkan kunjungi kami https://mandirijayateknik.web.id/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.