Saturday, September 3, 2016

13 Tips Agar Pemakaian Ac Hemat Listrik

13 Tips Agar Pemakaian Ac Hemat Listrik
13 Tips Agar Pemakaian Ac Hemat Listrik
Pemakaian Ac yang benar dapat membuat listrik yang dibutuhkan jauh lebih hemat, ada banyak hal yang mempengaruhi. Pemakaian yang tidak tepat pada Ac di anggap menjadi penyebab besarnya konsumsi daya listrik. Ac adalah sebuah barang elektronik yang belakangan sangat di butuhkan, peran Ac sangat penting untuk mengusir udara panas di dalam ruangan. Bagi mereka yang tidak tahan terhadap panas, maka Ac menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan.

Namun terkadang penggunaan Ac yang tidak tepat justru membuat beban baru dalam keuangan si pemakainya. Tagihan listrik yang membengkak misalnya, kenyamanan yang harusnya didapat mendadak terganggu akibat beratnya beban membayar iuran listrik, situasi ini sering sekali di hadapi bagi mereka yang penghasilannya tidak banyak.

Lantas adakah cara agar pemakaian listrik pada Ac bisa hemat ? Berikut kami berikan 13 Tips Agar Pemakaian Ac hemat Listrik , silahkan untuk Anda simak.

1. SESUAIKAN PK ATAU UKURAN AC

Menentukan PK Ac sangat di perlukan. Anda harus menyesuaikan PK Ac dengan luas ruangan. Pilihlah ukuran Ac yang pas untuk ruangan Anda, jika ukuran kecil maka pemakaian Ac 0,5 Pk sudahlah cukup. Anda bisa bertanya kepada penjual di tempat Anda membeli Ac, tentang berapa ukuran PK Ac yang sesuai untuk ruangan Anda.

2. SETELAH REMOTE PADA 22 DERAJAT DAN FAN SPEDD TIDAK TERLALU KENCANG

Jangan memakai setelah suhu sampai 16 atau 18 derajat, serta jangan memakai ukuran fan dengan ukuran fan spedd maksimal. Temperatur yang disarankan adalah 22 derajat keatas dengan kecepatan fan low atau pelan. Langkah ini akan membuat Ac lebih irit listrik. 

3. PILIH AC DENGAN FITUR HEMAT ENERGI / LISTRIK

Banyak sekali sekarang ini Ac yang memiliki fitur hemat energi atau listri, istilahnya adalah Lowwatt. Ac dengan fitur ini memiliki daya listrik yang lebih rendah dari jenis Ac lainnya. Anda dapat memilih AC fitur iniagar konsumsi listrik lebih hemat.

4. SERVICE AC SECARA TERATUR 3 BULAN SEKALI 

Langkah ini dinilai sangat penting, pencucian Ac dapat secara teratur membuat Ac lebih awet dan membuat konsumsi listrik lebih stabil. Lakukan perawatan Ac per 3 bulan sekali untuk menjaga performa Ac Anda.


Baca Juga : Cara Membersihkan Sendiri Ac Rumah

5. RUANG HARUS RAPAT TANPA CELAH

Yang perlu di perhatikan ketika memasang Ac adalah kerapatan ruangan. Pastikan ruangan dalam keadaan rapat tanpa celah untuk udara keluar.

6. JANGAN BUKA TUTUP RUANGAN TERLALU SERING

Jika pintu ruangan sering di buka, maka akan membuat udara dingin didalam ruangan juga ikut keluar. Semakin sering Anda membuka tutp pintu maka semakin lama juga mesin Ac bekerja, dan ini akan membuat kebutuhan akan listrik semakin besar.

7. PASANG OUTDOOR AC DI TEMPAT YANG TEDUH

Posisi outdoor pada tempat sejuk membuat Ac tidak cepat panas (bagian outdoor). Ac yang cepat panas ketika berkeja membuat kebutuhan akan listrik lebih besar, jika Anda ingin menghemat listrik, maka tempatkan outdoor Ac di tempat yang sejuk tanpa terkena sinar matahari secara langsung.

8. SATU AC UNTUK SATU KAMAR

Maksudnya adalah jangan memasang satu Ac untuk dua ruangan. Banyak orang yang memasang Ac untuk dua ruangan sekaligus. Ketika satu Ac dipasang untuk dua ruangan berbeda, maka kerja Ac pun akan semakin berat.

9. TUTUP JENDELA ATAU KACA AGAR SINAR MATAHARI TIDAK MASUK 

Sinar matahari yang masuk ke ruangan dapat menimbulkas panas,hal ini dapat membuat dingin di ruang berkurang. Jikan dingin berkurang maka kerja mesin akan semakin lama dan besar. Semakin lama mesin pendingin bekerja, maka semakin besar konsumsi listrik yang di butuhkan.

10. HINDARI PEMASANGAN INDOOR UNIT TERLALU DEKAT DENGAN PLAFON

Ac yang terlalu dekat pada plafon membuat sirkulasi dari atas Ac tertutup, usahakan jarak indoor Ac dengan palfon tidak terlalu dekat. Biarkan sirkulasi udara lancar.

11. GUNAKAN TRIK PEWARNAAN RUANGAN

Warna gelap akan menyerap panas, ini akan membuat udara dingin yang dihasilkan Ac lebih optimal. Pilih warna ruangan terutama kamar tidur dengan warna yang agak teduh, selain membuat suasana lebih nyaman, warna yang tidak terlalu terang dapat membantu udara dingin dapat terasa lebih baik, karena warna yang redup cenderung lebih menyerap panas lebih kuat.

12. CUCI FILTER AC PALING LAMA 1 BULAN SEKALI

Biasakan untuk membersihkan filter Ac secara rutin, ini akan membuat sirkulasi udara pada Ac menjadi lancar. Semakin lancar sirkulasi udara, maka semakin kecil daya konsumsi yang di butuhkan.

13. HIDUPKAN AC SESUAI KEBUTUHAN

Jika Ac sudah tidak di gunakan, ada baiknya Anda matikan. Hidupkan Ac sesuai kebutuhan saja, belajarlah untu melakukan penghematan listrik. Seperti pada lampu, mematikan Ac yang tidak diperlukan dapat menekan pemborosan konsumsi listrik rumah Anda.

Berikut tadi 13 Tips Agar Pemakaian Ac Hemat Listrik, semoga dapat bermanfaat. window.adsbygoogle || []).push({});

3 comments:

Powered by Blogger.